728x90

Baterai Handphone | Cara Hemat dan Tidak Boros

Sebagai sumber daya handphone, baterai hp sangat vital untuk menunjang aktivitas berponsel. Kehabisan daya baterai handphone di saat-saat membutuhkan komunikasi sangatlah menyebalkan, bahkan bisa jadi malah merugikan...



Baterai Handphone Blackberry

Berikut ini penyebab baterai handphone jadi boros dan solusinya supaya hemat energi.

Beruntungnya teknologi baterai hp kini sudah lebih maju dari sebelumnya. Baterai ponsel teknologi terbaru yang banyak digunakan terbuat dari bahan Lithium Ion dan Lithium Polymer, yang lebih awet dan memiliki kemampuan menyimpan daya listrik lebih besar.

Meski begitu, perkembangan baterai handphone pun dibarengi dengan spesifikasi ponsel yang lebih berat, semisal kamera, GPS, musik player, video player dan lain sebagainya, yang lebih haus daya, dan ujung-ujungnya menyedot baterai lebih cepat.

Anehnya, banyak orang yang curiga ponselnya bermasalah karena baterainya cepat habis. Padahal belum tentu begitu.

Nah sebelum Anda juga berkesimpulan begitu, coba deh perhatikan fitur-fitur ponsel  yang Anda gunakan setiap harinya. Berikut urutan fitur-fitur handphone yang banyak memakan daya:

1. GPS
GPS menjadi fitur yang paling boros daya karena GPS receiver menggunakan gelombang radio. Belum lagi jika dalam penggunaan petanya (mapping) membutuhkan akses Internet via 3G maupun GPRS, yang berarti memfungsikan dua fitur sekaligus.

2. Browsing Internet & Komunikasi Suara
Browsing internet dan komunikasi suara sama-sama membutuhkan daya yang besar. Untuk itu, di dalam spesifikasi ponsel disertakan keterangan waktu bicara. Informasi ini agar Anda bisa prepare sewaktu-waktu membutuhkan komunikasi yang bersifat urgent.

3. Wi-Fi & Bluetooth
Browsing menggunakan WiFi memang lebih mengasyikan apalagi jika menggunakan hotspot gratisan. Tetapi WiFi juga termasuk fitur yang boros baterai. Begitu juga dengan Bluetooth. Untuk itu jangan lupa untuk menonaktifkannya setelah digunakan.

4. Radio & Pemutar Musik/ Video
Radio dan pemutar musik (music player/video player) memang tak membutuhkan daya sebesar menggunakan kamera, tetapi jika fitur ini sering digunakan tetap akan mengkonsumsi daya yang lebih besar. Selain itu ada juga fitur lainnya yakni game yang ikut mempengaruhi waktu standby baterai.

Jadi, supaya baterai handphone anda bisa hemat, awet dan tidak boros, pergunakanlah fitur-fitur di handphone anda dengan bijak. Pakailah (aktifkan) fitur yang diinginkan saja sesuai dengan keperluan pada saat itu, jangan semua fitur diaktifkan!

Related article:

Post a Comment

0 Comments

Related Post