728x90

Jenis Stiker Cetak dan Kegunaannya

Anda ingin mencetak sticker yang awet dan tahan lama, tapi justru mendapat stiker yang tidak sesuai dengan keinginan. Kenali jenis sticker dan bahan stiker yang sesuai dengan kebutuhan kita.

 Sticker Transparan

Untuk menghindari hal itu terjadi ada baiknya kita mulai mengenal jenis-jenis sticker serta kegunaanya. Berikut adalah penjelasannya..


JENIS STICKER 


Sticker Vinyl Ritrama / Politape

Vinyl adalah jenis bahan stiker dengan permukaan yang halus dan mengkilap dan mempunyai ketahanan akan air. Jenis bahan stiker vinyl ini memiliki tekstur seperti plastik dan sangat mudah ditemui di percetakan digital printing. 

Merk kertas sticker yang paling banyak digunakan adalah merek Ritrama dan Politape. 

Banyak sekali aplikasi yang dapat dilakukan dengan mencetak stiker di bahan vinyl seperti print and cut untuk keperluan branding, sticker helm, dll. Atau dapat mencetak dengan ukuran yang besar yang dapat di aplikasikan ke media kaca pada toko retail anda di mall atau di ruko.


Sticker Vinyl HELM
Sticker Vinyl HELM

 

Sticker Transparan

Stiker transparan adalah jenis bahan stiker yang memiliki karakteristik transparan, sehingga mencetak pada permukaan stiker ini membuat hasil cetak anda terlihat bening. 

Aplikasi pada stiker transparan sering dijumpai di kemasan-kemasan makanan, kosmetik atau minuman.



Sticker Transparan


Sticker Oracal


 

Stiker oracal adalah jenis stiker berwarna yang biasa dijumpai pada saat kita membuat aplikasi cutting stiker baik untuk keperluan branding, keperluan pribadi, atau untuk keperluan variasi mobil atau motor (melapisi badan mobil dan motor). 

Stiker jenis ini mempunyai ciri lentur dan tidak memantulkan cahaya. Variasi warna pada stiker oracal ini banyak sekali dan lengkap mulai dari stiker dengan warna metallic sampai dengan stiker bermotif.

 


Sticker Scotlight


 

Stiker Scotlight adalah jenis bahan stiker yang mempunyak daya rekat yang sangat baik. Stiker ini sangat cocok untuk keperluan jangka panjang seperti promosi luar ruang. Akan tetapi kita perlu berhati-hati jika kita ingin memasang stiker jenis ini pada motor dan mobil kesayangan kita karena sticker jenis ini memiliki daya rekat yang tinggi sehingga stiker ini sangat susah untuk di lepas. 

Stiker ini juga dapat memantulkan cahaya, sehingga cocok untuk keperluan marka jalan, atau untuk tampilan kendaraan kalian bagi yang menyukai kendaraan yang berkilau.
Sticker Scotlight 


Sticker One Way Vision


 

Sticker one way adalah jenis bahan stiker dengan tekstur berlubang. Ciri-ciri stiker ini meskipun dari depan tidak dapat melihat kedalam, tapi jika dilihat dari dalam dapat melihat keluar. Stiker ini biasanya dipakai untuk menutupi kaca mobil bagian belakang untuk keperluan promosi luar ruang atau branding. 

Bahan sticker one way vision ini sangat tahan dengan air dan sinar matahari, atau dapat digunakan untuk menutupi ruangan meeting sehingga ruangan tidak dapat dilihat dari luar.

Sticker One Way Vision 


Sticker Chromo


 

Stiker Chromo adalah jenis bahan stiker yang terbuat dari bahan yang licin. Kertas stiker ini dapat di cetak dengan menggunakan mesin offset dan mempunyai daya rekat yang sangat bagus sehingga sering digunakan untuk keperluan label (label botol, label kotak makanan dan lainnya), untuk keperluan promosi ( stiker pilkada, stiker branding atau service). 

Stiker chromo sangat rentan dengan media air, sticker ini akan luntur dan rusak jika terkena air hujan sehingga tidak cocok untuk digunakan di luar ruang.


hotprint sticker chromo
 


Sticker HVS


 

Sticker HVS memiliki ukuran A4 (21 Cm x 29.7 cm) dan ukuran A3 ( 29.7 cm x 42 cm). Untuk kertas stiker dengan ukuran A4 dapat dicetak dengan menggunakan printer inkjet (printer kantor) sehingga mudah bagi kita untuk berkreasi dengan menggunakan sticker HVS ini. 

Stiker ini sangat murah sehingga diminati oleh banyak perusahaan dan pribadi untuk mencetak keperluan kantor seperti label, suvenir atau undangan. 

Stiker ini tidak mempunyai daya rekat yang baik sehingga untuk pemakaian jangka panjang kurang bagus (mudah terkelupas). Dan layaknya sebuah kertas yang terkena air, sticker HVS juga sangat rentan rusak jika terpapar dengan air hujan.

Sticker HVS 

Itu adalah beberapa jenis sticker yang umum diketahui dan digunakan untuk banyak kebutuhan. Tersedia dalam berbagai macam jenis sticker yang berkualitas dengan harga yang bervariasi.

Post a Comment

0 Comments

Related Post