Mesin Percetakan | Strategi Marketing Penjualan

Berdasarkan pengalaman pribadi menjual banyak mesin percetakan dan ilmu marketing terapan, proses pemasaran (strategi marketing) dan penjualan produk mesin percetakan dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen secara detail. 

sukses marketing percetakan

Strategi marketing (pemasaran yang menghasilkan penjualan) pada intinya memiliki tujuan, yaitu :

1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk mesin percetakan yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

2. Perusahaan penjual mesin percetakan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan teknik pemasaran, strategi marketing atau progress penjualannya. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk mesin percetakan offset: desain, tipe dan merk produk mesin cetak, promosi produk mesin cetak via website, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk mesin percetakannya cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis.

Strategi pemasaran (teknik pemasaran dengan output penjualan produk) ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :

1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat

2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk tenaga pemasaran (dari sudut pandang penjual) :

1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar dan efektif (promotion).

Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa penjualan produk mesin percetakan atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan penjual mesin percetakan atau produk lainnya.

Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran yang berakhir pada pencapaian penjualan produk mesin percetakan offset yang tersedia.

Sumber: pengalaman pribadi

Related article:
Blog, Updated at: May 07, 2011

0 Comments:

Post a Comment