728x90

Persaingan Usaha Bisnis | Cara Memenanginya

Persaingan bisnis bagi usaha kecil menengah di pasar global semakin tajam dengan segala macam tantangan dan resiko bisnis yang dihadapinya. Bagi para pelaku usaha kecil menengah pemula atau pebisnis percetakan yang telah mapan, banyak cara dan trik briliant yang ditempuh, agar pangsa pasar produknya semakin luas dan abadi bertengger di puncak kejayaannya.

Global Market

Nah, apa saja sih tips dan cara-cara menang dan tetap unggul dalam top ranking persaingan bisnis di pasar global tsb...?!?
Simaklah caranya...

Keunggulan Unique Selling Proposition atau USP yang berfokus kepada feature dari produk dan keuntungan penggunaan dari produk tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam suatu positioning produk yang dapat membuat suatu produk atau jasa (servis) bisa menjadi produk unggulan, antara lain:

1. Renggut kata kunci di benak konsumen Anda! Jika Anda mampu memaparkan keunggulan produk Anda di benak konsumen Anda, maka konsumen Anda secara tidak sadar akan mengatributkan keunggulan atau hal positif lainnya pada produk Anda tersebut. FedEx berarti "Pengiriman dalam Semalam". Suatu perusahaan hanya mampu memiliki satu kata kunci saja di benak konsumen dan segera setelah kata kunci tersebut berhasil Anda tempatkan di benak mereka, sangat sulit untuk merubah persepsi tersebut.

2. Positioning dimulai dari nama produk Anda! Nama produk Anda hendaknya mampu menggambarkan sesuatu di benak konsumen dan lebih baik lagi kalau nama produk Anda tersebut bisa menggambarkan keuntungannya sekaligus. Semisal: Indomie, terasosiasi pada produk mie olahan (mie instant).456

3. Gunakanlah nama baru: kalau Anda sedang memproduksi suatu produk yang unik atau merupakan diversifikasi dari produk terdahulu.  Alih-alih menggunakan kata Apple Mini Mac, Apple menggunakan nama iPod untuk menamai produk music player mereka yang terbaru.

4. Jadilah pelopor (pioneer). Para konsumen cenderung loyal pada produk yang benar-benar mengerti kesulitan mereka. Semisal: Konidin, pelopor (pioneer) produk obat batuk tablet yang manjur. Selalu terngiang di benak konsumen: ingat batuk ingat Konidin.456

5. Jangan melenceng dari pesan yang Anda coba sampaikan melalui produk Anda; "perkuatlah konsep dasar" di semua aktivitas pemasaran. Semisal: Coca Cola, “Dimana saja dan kapan saja."

6. Cara terbaik untuk menghadapi dan mengungguli pesaing bisnis baru adalah dengan memperkenalkan brand baru, bukan dengan mengaburkan produk Anda yang telah lama dijual. Ketika air mineral dalam kemasan botol menjadi populer, Danone tidak menamakan produk mereka “Danone Water” tapi mereka menamainya Aqua (turut membeli saham Aqua).

7. Cara unggul memenangi persaingan bisnis bagi pendatang baru di pasar global adalah dengan membuat produk dengan kategori baru. Produk dengan brand yang telah lama berdiri sangat sukar untuk dikalahkan tetapi para konsumen dapat menerima produk dengan kategori baru lebih mudah. Semisal: Wings, dalam merebut pangsa pasar yang telah lama didominasi oleh Rinso.

8. Opsi cerdik memenangi persaingan bisnis untuk pendatang baru di pasar global bisa dengan cara menemukan celah di benak konsumen. Semisal, Starbucks terkenal sebagai brand premium yang mengusung servis super cepat untuk kopi.

9. Cara jitu lainnya untuk pendatang baru unggul di persaingan bisnis di pasar global adalah dengan me-repositioning pesaing utama di benak konsumen loyal mereka. Tylenol pernah membuat pernyataan, "Kalau perut Anda sakit, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum meminum aspirin."

10. Tetaplah konsisten dengan positioning yang Anda pilih.


Post a Comment

0 Comments

Related Post