728x90

Lifestyle Marketing | Cara Jitu Memasarkan Produk

Lifestyle Marketing sangat ampuh apabila sebuah perusahaan mampu mengkoneksikan produk mereka dengan gaya hidup dari si calon pelanggan dengan cara mengembangkan seperangkat strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan gaya hidup mereka. 




Strategi pemasaran tersebut menghasilkan berbagai macam peluang bagi perusahaan untuk mentargetkan dan memetakan pelanggan yang kemungkinan besar akan menjadi fanatik dan setia (loyal) pada produk tertentu dari perusahaan sehingga bisa menciptakan competitive advantage dan menghasilkan lebih banyak usaha...




Pada abad ke-21, terminology ‘Lifestyle Marketing’ telah menjadi kata yang luar biasa hebat serta strategi pemasaran terkini untuk memikat calon pelanggan, tentu saja setelah era ‘Niche Marketing’ di tahun 80 an dan ‘Branding’ di tahun 90 an. 

Singkatnya, Lifestyle Marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang berorientasikan pada ketertarikan, nilai, perilaku, dan cara hidup dari pelanggan atau kelompok pelanggan tertentu. Kata kuncinya di sini adalah ‘cara hidup’ dari calon pelanggan.

Seorang pakar pemasaran yang menganut Lifestyle Marketing mengkategorikan calon pelanggan ke dalam ketertarikan mereka terhadap suatu hal, aktivitas mereka, dan pendapat atau cara pandang mereka mengenai suatu hal. 

Contoh klasik dari Lifestyle Marketing adalah motor HARLEY-DAVIDSON yang menginsipirasikan seseorang untuk hidup bak orang bebas. Atau mungkin PONDS yang menginspirasikan wanita ASIA untuk tampil putih memukau.

Lifestyle Marketing berfokus pada kelompok pelanggan berdasarkan percampuran antara 3 variable, yakni Activities, Interests, and Opinions (AIO) dan mengidentifikasi gaya hidup dari para pelanggan tersebut untuk menentukan macam produk dan pilihan brand yang sesuai dengan segmen gaya hidup mereka. Lifestyle Marketing memegang peranan yang penting dalam persaingan bisnis saat ini.

Lifestyle Marketing sangat ampuh apabila sebuah perusahaan mampu mengkoneksikan produk mereka dengan gaya hidup dari si calon pelanggan dengan cara mengembangkan seperangkat strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan gaya hidup mereka. Strategi pemasaran tersebut menghasilkan berbagai macam peluang bagi perusahaan untuk mentargetkan dan memetakan pelanggan yang kemungkinan besar akan menjadi fanatik dan setia (loyal) pada produk tertentu dari perusahaan sehingga bisa menciptakan competitive advantage dan menghasilkan lebih banyak usaha.

Sebuah perusahaan harus mengerti bahwa memahami calon pelanggan dan merefleksikan AIO mereka ke dalam produk-produk perusahaan tersebut adalah kunci sukses pemasaran.

Dengan dasar pemikiran tersebut, sebuah perusahaan hendaknya mampu mengalokasikan sebagian dari sumber daya pemasaran mereka ke arah Lifestyle Marketing

Post a Comment

3 Comments

  1. nice blog gan....
    thanks for this info....

    visit me ya....
    click here

    ReplyDelete
  2. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    Click Here

    ReplyDelete
  3. Thank you for nice information. please visit our web :
    here
    here

    ReplyDelete

Related Post