728x90

Daftar Gaji Pekerja di INDONESIA | Info Bisnis

Daftar gaji pekerja industri di Indonesia relatif masih rendah, namun sudah diatas rata-rata Upah Minimum Propinsi (UMP) terbaru.


Berikut daftar gaji pekerja industri di Indonesia terbaru...



Sejak bulan November dan Desember 2010, Gajimu telah melakukan offline survei di 7 (tujuh) provinsi di Indonesia. Survei ini diisi oleh responden dari berbagai jenis pekerjaan di pasar tenaga kerja seperti guru / dosen, pedagang, sopir, petugas keamanan, pekerja konstruksi, logistik, penjualan dan petugas kebersihan, 947 responden mengemukakan gaji yang mereka peroleh dalam satu bulan.
 
Dari data survei, Gajimu menganalisa Upah Minimum dan gaji yang responden dapat selama satu bulan. Karena survei dilakukan di akhir tahun 2010, maka UMP yang digunakan masih UMP 2010, untuk UMP 2011, Anda bisa periksa di Gajimu.com.

Mari kita lihat Median rata-rata penghasilan jenis pekerjaan tertentu dalam satu bulan!


Sumber : Kementerian Tenaga Kerja dan Data Survei Gajimu

[1] Median adalah salah satu ukuran pemusatan data. Jika segugus data diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar atau terbesar hingga yang terkecil, nilai pengamatan yang tepat di tengah-tengah bila jumlah datanya ganjil atau rata-rata kedua pengamatan yang di tengah bila banyaknya pengamatan genap.

Tenaga Teknis adalah jenis pekerjaan yang mendapat gaji paling tinggi di Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tenaga teknis dengan median gaji tertinggi didapat di Jawa Timur dengan Rp. 3.750.000/bulan.

Pekerjaan yang mendapat gaji tertinggi kedua adalah Tenaga professional, berbeda dengan di daerah lain, di Jakarta tenaga professional mendapat gaji yang lebih tinggi dibanding tenaga teknis, dengan gaji sebanyak Rp. 2.500.000/bulan.

Pekerjaan bidang administrasi yang biasa bertugas menangani pembukuan, mendapat gaji terkecil sebesar Rp.1.150.000 di Sumatera Selatan dan terbesar sebanyak Rp. 1.700.000 di Jakarta. Hasil yang akurat apabila melihat wawancara Gajimu terdahulu dengan dua staff administrasi di Jakarta yang mendapat gaji sebesar Rp. 1.500.000 dan Rp. 1.900.000.

Di Jawa Tengah, pekerjaan bidang pelayanan dan penjualan mendapat gaji yang sama dengan tenaga professional yaitu Rp. 2.000.000 dan gaji terendah diberikan di Sumatera Utara dengan Rp. 1.200.000.

Bagi yang bekerja di bidang perdagangan dan kerajinan tangan, Sulawesi Utara memberikan gaji yang lebih dibanding daerah lainnya di angka Rp. 1.440.000 meskipun tidak jauh berbeda angkanya.

Lain halnya dengan perakit dan operator mesin pabrik, mereka mendapat gaji yang tinggi di Sulawesi Utara dengan Rp. 2.500.000, Rp. 300.000 lebih banyak dibanding Jakarta.

Sangat disayangkan masih ada saja pekerja yang dibayar dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP), pekerja tingkat dasar di Sumatera Utara mendapat gaji Rp. 85.000 dibawah UMP yaitu sebesar Rp. 880.000. Untungnya, pekerja tingkat dasar mendapat gaji sesuai dengan UMP di keenam provinsi lainnya.

Anda bisa mengunduh info bisnis daftar gaji disini dan semua informasi ini diberikan gratis. Semoga informasi yang kami sampaikan berguna bagi Anda...!

Related article:

Post a Comment

0 Comments

Related Post