Monday, October 10, 2011

Cara Cetak Sablon Plastik

Cara sablon plastik bisa menggunakan mesin sablon otomatis atau sablon manual, tergantung jenis order cetak, oplag cetak, dsb. Cara sablon plastik manual biasa dilakukan oleh para pelaku usaha kecil menengah (ukm) karena memang sudah terbiasa dengan teknik sablon manual seperti ini.


Mesin cetak sablon plastik

Berikut tahap cara cetak sablon plastik pada umumnya...



Dimanapun kita berada, pemakaian kemasan plastik untuk berbagai kebutuhan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk kemasan makanan, minuman, pakaian, pupuk, sparepart, obat-obatan, karung beras, gelas,botol, dll, yang hingga kini merupakan peluang bisnis yang menggiurkan. 

Cara sablon plastik merupakan bagian dari Cetak Sablon Basis Minyak, banyak pemula yang merasa kesulitan saat melakukan penyablonan pada media plastik, karena karakteristik tintanya yang cepat sekali kering. Sementara permintaan terhadap sablon plastik sangat tinggi untuk berbagai keperluan industri dan rumah tangga, dan tingkat keuntungan dari sablon plastik juga lumayan besar.

Maka tidak heran, jika pengusaha sablon usaha kecil menengah (ukm) berani berinvestasi dan membeli mesin sablon otomatis utk mengejar target order cetak sablonnya.

Keuntungan bersih yang bisa kita dapatkan dari satu meja operator,minimal sekitar Rp. 100.000,-/hari, bahkan bisa mencapai Rp.500.000,-/hari tergantung jenis plastik dan tingkat kesulitannya. Jika kita memiliki 5 meja operator saja sudah cukup lumayan, sementara itu disisi lain penyablonan pada media plastik ini dirasa sangat sulit, padahal dibalik kesulitan itu terdapat peluang besar yang menanti kita.




Mesin Sablon Otomatis ALL IN ONE


Sebetulnya jika kita sudah memahami proses cara sablon pada media kertas, maka kita tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam aplikasi cara sablon plastik, kita hanya tinggal menyesuaikan karakteristik/jenis tinta sablon yang akan digunakan.

A. Alat dan Perlengkapan sablon plastik
Alat dan perlengkapan yang digunakan untuk sablon plastik, hampir sama dengan alat yang digunakan untuk sablon kertas, yang terdiri dari :
1. Screen
Screen yang digunakan biasanya T150 atau T165, dengan ukuran bingkai 30cm X 40cm, atau sesuai kebutuhan.
2. Rakel
Karet rakel yang dipakai, bisa menggunakan karet rakel untuk sablon kertas atau karet rakel untuk sablon plastik yang lebih lunak . Harga rakel juga tidak berbeda dengan harga rakel untu kertas.
3. Meja Afdruk, yang digunakan juga sama untuk semua proses afdruk.
4. Meja Sablon atau meja cetak untuk sablon plastik sama dengan meja sablon kertas
5. Gelas Ukur
6. Coater/Kartu Plastik
7. Hair Dryer
8. Sprayer
9. Gunting/Cutter
10. Mistar

B. Tahapan Sablon Plastik
Tahapan sablon plastik juga sama dengan tahapan sablon kertas, yaitu :
1. Tahap Setting Film/Klise
2. Tahap Afdruk Screen
3. Tahap Printing (sablon)
4. Tahap Recleaning Screen

Pada saat afdruk screen, Posisi film/klise harus disusun terbalik , jika penyablonan akan dilakukan pada sisi bagian dalam plastik, seperti penyablonan pada Tas, Cover Jok Motor, Tempat pinsil, dll.



rak pengering sablon

Untuk mengatur posisi disain yang akan disablon, maka sebelum melakukan penyablonan pada plastik transparan, sablonkan dulu disain keatas permukaan kaca meja sablon, sebagai patokan pada saat penyablonan nantinya. Yang membedakan sablon plastik dengan sablon kertas hanya tinta sablon dan bahannya saja.

C. Jenis Plastik dan Tinta Sablon yang digunakan
Jenis Plastik                                                              Tinta sablon yang digunakan
1.    PE      (agak buram & lebih elastis)                      Polytuf  + Minyak Terpin
2.    PP      (bening & agak kaku)                              Polymet + Minyak M4
3.    OPP    (bening & mudah sobek)                          Polymet + Minyak M4
4.    HD      (buram & tidak elastis)                             Polymet + Minyak M4
5.    Mika     (bening & kaku)                                         PVC  + Minyak M3

  • Plastik PE biasanya digunakan untuk bungkus gula, beras, minyak, dll.
  • Plastik PP biasanya digunakan untuk kemasan makanan, dll.
  • Plastik OPP digunakan untuk amplop undangan, kemasan pakaian, dll.

Referensi: www.belajarsablon.com



    3 comments:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...