Monday, September 26, 2011

CARA MURAH Resepsi Pernikahan Anda

Resepsi pernikahan anda ingin berbiaya murah? Resepsi pernikahan murah adalah impian bagi setiap calon pasangan pengantin baru...

Resepsi Pernikahan

Nah, bagaimana caranya agar resepsi perkawinan anda bisa berbiaya murah...?!?
Merayakan resepsi pernikahan tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan biaya yang terjangkau, pesta pernikahan juga bisa meriah dan berkesan. Jangan sampai setelah pesta pernikahan Anda justru harus kebingungan melunasi utang dari sana-sini.

Beberapa tips cara murah resepsi perknikahan (perkawinan) berikut bisa diterapkan untuk meminimalisasi pengeluaran pesta yang membengkak..

1.] Membagi beban keuangan. Hari gini, biaya pernikahan masih dibebankan kepada orang tua pihak wanita saja? Meskipun sarat nilai tradisi, namun Anda bisa menilai juga bahwa hal tersebut sangat tidak adil. Jadi katakan saja sejujurnya pada keluarga: pernikahan merupakan acara keluarga yang melibatkan dua keluarga besar. Jadi, mengapa tidak membaginya bersama?

2.] Kurangi pengeluaran pesta. Ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Cara yang paling mudah adalah memangkas jumlah tamu yang diundang, juga bisa menghemat pengeluaran biaya pencetakan kartu undangan. Menentukan lokasi bulan madu juga merupakan cara yang baik untuk memotong biaya resepsi pernikahan. Jika tidak ingin biaya perkawinan yang terlalu besar, pergilah bulan madu di tempat yang tak terlalu jauh dari kota Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan jasa wedding organizer (WO), cobalah untuk melakukan tawar-menawar terlebih dulu. Jika memungkinkan, pilih waktu dimana tidak banyak orang menikah. Dengan demikian WO (Wedding Organizer), katering, dokumentasi, atau toko bunga, akan memberikan estimasi biaya yang tidak terlalu mahal dibanding saat musim menikah.

3.] Jangan berutang. Usahakan untuk membayar lunas semua keperluan pernikahan Anda. Anda tentu tak ingin bangkrut karena terlilit utang setelah masa bulan madu berlalu. Kedengarannya mungkin sederhana, namun jangan biasakan untuk berutang. Bayarlah lunas semua pengeluaran Anda. Jika Anda tak mampu membayar secara tunai semua biaya perkawinan, artinya secara finansial Anda memang tak perlu membuat perayaan besar-besaran.

Namun sekali lagi, hal itu bisa diatasi dengan merayakan resepsi pernikahan secara sederhana, atau tunda saja dulu pernikahan untuk sementara waktu sampai tabungan Anda cukup.
Diintisarikan dari:  KOMPAS.com

Related article:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...